Tim Quantum, Katalis Transformasi Digital Perbankan BRI Agro

BRI membentuk Tim Quantum yang bertugas untuk melakukan transformasi BRI Agro menjadi digital minded, agile, inovatif, dan juga kreatif.

Insan BRILiaN

February 02, 2021 • 2 mins reading

Mutasi pegawai ke anak perusahaan tak melulu terjadi karena kinerja Anda dinilai buruk ataupun Anda mendapatkan hukuman dari pimpinan. Ada saat dimana dipindahkannya seseorang ke anak perusahaan justru terjadi karena kinerja Anda dinilai baik dan Anda diberikan kepercayaan untuk membawa perubahan pada anak perusahaan yang dituju. Hal inilah yang dipercayakan kepada Insan BRILiaN terpilih yang tergabung dalam Tim Quantum, tim pengawal proses transformasi digital perbankan BRI Agro.

Selayaknya Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di TNI, Tim Quantum ini juga menjadi “pasukan khusus” BRI yang bertugas untuk membantu transformasi BRI Agro menjadi digital attacker sesuai keputusan Direksi BRI. Sebagai induk usaha, BRI sendiri telah sukses melakukan transformasi digital dengan dikeluarkannya produk-produk inovatif yang mendisrupsi layanan perbankan seperti BRIAPI untuk open banking dan Ceria untuk digital lending. Berdasarkan pengalaman sukses tersebut, diharapkan tim ini dapat membawa pengalaman di BRI untuk diterapkan pada Bank BRI Agro.

Tim yang telah bergerak sejak Desember 2020 ini berisikan 50% pegawai BRI pusat dan 50% pegawai BRI Agro dari lintas divisi, mulai dari Divisi Digital Banking Development & Operation, Divisi Bisnis Mikro, Divisi Subsidiary Management, dan divisi lainnya. 

Kini, Tim Quantum sedang mempersiapkan produk-produk digital untuk BRI Agro, diantaranya adalah produk digital saving, digital lending, agri semi secure, dan agri unsecured loan. Nantinya, produk agri semi secure dan agri unsecured loan akan menjadi produk fully digital yang bisa dipakai secara self service oleh para petani, peternak, maupun pegiat agribisnis lainnya. Sambil mempersiapkan produk self service ini, BRI Agro akan memperluas pasar dengan cara meningkatkan kerjasama dengan para ecosystem player, contohnya kerjasama yang dilakukan dengan perusahaan fintech Payfazz, dimana BRI Agro akan menawarkan pinjaman digital kepada para agen Payfazz dan sebagai timbal balik mereka akan menjadi sales force yang menawarkan pembukaan rekening ataupun digital lending BRI Agro.

Untuk mempercepat transformasi ini, saat ini juga sedang dibentuk direktorat bisnis baru khusus Digital Business di BRI Agro, dimana Tim Quantum memiliki peran penting akan terbentuknya direktorat ini. Tidak menutup kemungkinan bahwa anggota Tim Quantum akan mengisi posisi-posisi strategis di BRI Agro dengan membawa pengalaman dan keahliannya. Sehingga bagi rekan-rekan yang ditugaskan ke anak perusahaan, jangan selalu berpikir ini adalah hukuman, tapi juga bisa menjadi menjadi tantangan yang baik untuk percepatan karir. 

Walaupun kedatangan Tim Quantum ini terdengar seperti akan merombak Bank BRI Agro menjadi bank yang serba digital. Namun, bank ini akan tetap berjalan pada “trah”nya, yaitu sebagai bank dengan target pasar utama di sektor agribisnis.