PODCAST

Kepoin BRI Yuk!

Jawaban kami atas pertanyaan yang Anda berikan pada Webinar Bank BRI BRIITON: The W3binar Grand Prix to Wisdom.

Shinta Indriyaty

Shinta Indriyaty

19 November 2020 • 4 mins reading

Kepoin BRI Yuk!

Hai!

Terimakasih sudah mengikuti keseruan Webinar Bank BRI BRIITON: The W3binar Grand Prix to Wisdom! Kami telah merangkum seluruh pertanyaan yang masuk dan memilih beberapa pertanyaan untuk kami jawab secara langsung disini. Yuk, kepoin!

  1. Q: Apakah ikut tes masuk karyawan BRI gratis?
    A: Segala proses rekrutmen BRI tidak dipungut biaya apapun.

  2. Q: Apabila kami sudah lulus, apakah Bank BRI menerima kami untuk bekerja dari jurusan yang berbeda?
    A: List Jurusan atau program studi sebagai syarat administrasi rekrutmen BRI dapat diakses pada https://e-recruitment.bri.co.id.

  3. Q: Apakah lulusan akuntansi bisa bekerja di Bank BRI? Apa saja yang perlu kami siapkan sebagai mahasiswa akuntansi agar tidak kalah dengan jurusan yang lainnya?
    A: Bagi lulusan Akuntansi dapat bekerja di BRI, untuk persyaratan dan alur rekrutmen BRI dapat diakses pada https://e-recruitment.bri.co.id.

  4. Q: Apakah ketika melamar ke Bank BRI jurusan akuntansi prodi perbankan lebih diutamakan?
    A: Tidak, yang utama adalah hasil dari proses seleksi.

  5. Q: Apakah jurusan Sastra Inggris dan Pertanian bisa bergabung di Bank BRI?
    A: Bagi lulusan Sastra Inggris tidak bisa, namun bagi lulusan Pertanian memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Bank BRI.

  6. Q: Bagaimana cara menjadi bagian dari Bank BRI? Saya bercita-cita sejak kecil untuk dapat bekerja di BRI
    A: Untuk informasi lowongan kerja BRI dapat diakses pada https://e-recruitment.bri.co.id.

  7. Q: Apakah ada kriteria khusus untuk menjadi pegawai BRI?
    A: Untuk persyaratan dan alur rekrutmen BRI dapat diakses pada https://e-recruitment.bri.co.id.

  8. Q: Apakah terdapat batasan umur untuk mengikuti proses recruitment BRI?
    A: Terdapat batasan umur pelamar, untuk informasi lebih lanjut dapat diakses pada https://e-recruitment.bri.co.id.

  9. Q: Apakah pelamar yang menguasai dan dapat berbicara bahasa asing lebih diprioritaskan?
    A: Tidak diprioritaskan, namun pelamar tersebut memperoleh nilai lebih pada saat proses rekrutmen.

  10. Q: Apakah terdapat perbedaan peluang diterima bekerja di BRI bagi lulusan sarjana dan diploma?
    A: Terdapat perbedaan. Program rekrutmen BRILiaN Future Leader Program (BFLP) hanya menerima minimal lulusan Sarjana (S1), sedangkan untuk beberapa jabatan yang terdapat pada rekrutmen BRILiaN Banking Officer Program (BBOP) dapat menerima minimal lulusan Diploma (D3).

  11. Q: Apa Bank BRI menerima pekerja disabilitas? Apabila ya, akan ditempatkan di Unit Kerja mana bagi pekerja disabilitas tersebut?
    A: Bank BRI menerima pekerja disabilitas yang ditempatkan pada seluruh Unit Kerja yang membutuhkan dan memiliki formasi.

  12. Q: Bagi pekerja lulusan Teknik Informatika akan ditempatkan di Unit Kerja mana saja?
    A: Bagi lulusan S1 Teknik Informatika dapat masuk melalui program rekrutmen BRILiaN Future Leader Program (BFLP) General maupun IT. Apabila pelamar masuk melalui program rekrutmen BFLP IT, maka akan ditempatkan di Unit Kerja IT.

  13. Q: Apa saja syarat untuk memperoleh beasiswa dari BRI bagi mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi?
    A: Bank BRI memiliki BRILiaN Scholarship Program yang merupakan early recruitment program dimana mahasiswa berprestasi tidak hanya memperoleh beasiswa, namun setelah lulus dapat langsung masuk BRI melalui program rekrutmen BRILiaN Future Leader Program (BFLP). Selain itu, Bank BRI juga memiliki program beasiswa Corporate Social Responsibility (CSR) bagi mahasiswa atau pelajar yang kurang mampu.

  14. Q: Apa saja program magang yang disediakan oleh Bank BRI? Apa syarat untuk mendaftar program magang tersebut?
    A: Bank BRI memiliki program magang BRILiaN Internship Program (BIP), Program Magang Bersertifikat BUMN (PMBB). Untuk persyaratan administrasi program magang BIP antara lain yaitu Pendidikan SMA-S1, usia 18-24 tahun, belum menikah dan tidak menikah selama magang, serta memiliki communication skill dan berpenampilan menarik.

  15. Q: Apakah BRI menerima mahasiswa KKL (Kuliah Kerja Lapang)? Lalu apakah ada kemungkinan kami bisa direkrut menjadi karyawan tetap apabila hasil kinerja kami bagus?
    A: Bank BRI menerima mahasiswa magang, untuk pengangkatan menjadi karyawan tetap BRI harus mengikuti dan lolos seluruh tahap rekrutmen pekerja yang dibuka saat itu.

  16. Q: Apakah audit IT telah dilaksanakan dengan baik di Bank BRI?
    A: Kegiatan audit IT telah dilaksanakan, baik dari eksternal BRI (OJK dan BI) maupun internal BRI (Satuan Kerja Audit TI). Bagi setiap progress dilakukan monitoring untuk pemenuhannya.

  17. Q: Teknologi apa yang diandalkan BRI untuk menghadapi persaingan antar Bank?
    A: Sebagai satu-satunya bank di dunia yang memiliki satelit bernama BRIsat, Bank BRI dapat menjangkau seluruh pelosok daerah Indonesia untuk memberikan layanan perbankan terbaik bagi masyarakat.

  18. Q: Apakah kami sebagai mahasiswa dapat meminjam dana untuk usaha dari Bank BRI? Bagaimana proses pengajuannya?
    A: Salah satu syarat debitur bank BRI adalah telah cakap hukum, yaitu sudah berusia 21 tahun dan tidak bergantung kepada orang tua. Calon debitur tersebut harus bankable, artinya usaha yang diajukan telah berjalan selama 2 tahun dan telah menghasilkan laba 1 tahun terakhir. Apabila calon debitur belum bankable, maka BRI akan mengarahkan ke pinjaman KUR. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Call BRI 14017 atau (021) 1500 017.

  19. Q: Apakah Bank BRI memiliki tabungan khusus bagi pelajar atau mahasiswa sehingga biaya admin lebih rendah?
    A: Bank BRI memiliki tabungan khusus pelajar yaitu Simpel (Simpanan Pelajar) yang diperuntukkan bagi siswa/pelajar dengan persyaratan mudah, sederhana, dan memiliki fitur menarik dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tabungan Simpel dapat diakses pada laman https://bri.co.id/tabungan-simpel. Selain Simpel, Bank BRI juga menyediakan tabungan SiMuda bagi mahasiswa dan pemuda.

  20. Q: Apabila Mobile Banking BRI teblokir, apakah ATM kami juga terblokir?
    A: Tidak, kartu ATM masih dapat digunakan untuk bertransaksi. Untuk mengatasi Mobile BRI yang terblokir, silahkan menghubungi Call BRI 14017 atau (021) 1500 017 atau mendatangi customer service di Unit Kerja BRI terdekat.