PODCAST

BRIAPI Tingkatkan Inklusi Keuangan Untuk Semua

BRI membangun BRIAPI, sistem OpenAPI (Application Programming Interface terbuka) yang memudahkan integrasi antara layanan BRI dengan aplikasi / website partner

Yudhi Dwi Cahyono

Yudhi Dwi Cahyono

16 Oktober 2020 • 1 mins reading

BRIAPI Tingkatkan Inklusi Keuangan Untuk Semua

Transformasi digital telah menyentuh banyak aspek bisnis. Kini, banyak perusahaan yang telah mengembangkan aplikasi atau website khusus untuk menjangkau target pasar dari produknya. Dalam aplikasi atau website tersebut, biasanya akan bekerjasama dengan pihak perbankan untuk memudahkan proses transaksi. 

Sebelumnya, untuk menyediakan layanan ini developer di BRI harus mengembangkan sistem sesuai spesifikasi masing-masing partner yang akan bekerjasama. Dilihat dari segi bisnis, hal ini tentunya tidak efisien baik secara biaya maupun waktu yang diperlukan untuk proses pengembangan karena setiap sistem yang dibangun hanya akan digunakan oleh satu partner. Oleh karena itu, BRI membangun BRIAPI, sistem OpenAPI (Application Programming Interface terbuka) yang memudahkan integrasi antara layanan BRI dengan aplikasi atau situs partner. 

Dengan OpenAPI artinya pihak bank akan mengizinkan pihak developer untuk mengembangkan sendiri sistem yang sesuai dengan aplikasi mereka yang dapat mengakses layanan finansial yang dimiliki BRI seperti pembayaran antar Bank BRI ataupun ke bank lain, pengecekan informasi saldo, mutasi rekening, informasi valas serta pengecekan lokasi ATM BRI. Selain efisien bagi pihak BRI, di sisi partner juga lebih mudah untuk menjalankan proses testing hingga integrasi produk dengan adanya Sandbox yang berperan sebagai “playing field” bagi para developer saat berinovasi menggunakan produk-produk BRIAPI.

Dalam proses pengembangan BRIAPI menggunakan platform dari Google Cloud, Apigee. Apigee memungkinkan kami untuk membuat proxy atau produk API yang mudah dikoneksikan dengan sistem BRI. Contohnya produk BRIVA (Virtual Account) yang sebelumnya menggunakan host to host setiap pengembangannya kini sudah memiliki funnel khusus agar bisa digunakan oleh pihak ketiga. Selain itu, Apigee juga memiliki bundling code yang dapat kita gunakan tanpa harus mengurai sendiri kode-kode rumit yang merepotkan saat proses coding. Apigee juga memiliki manajemen API yang dapat mengatur atau membatasi traffic untuk meminimalisir serangan bruteforce yang dapat membuat server down.

Sebagai bagian dari BRI Digital Strategy Framework, BRIAPI berperan dalam membangun ekosistem digital yang mumpuni dan aman untuk digunakan baik bagi partner maupun konsumen partner karena BRIAPI telah mengantongi lisensi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan satu-satunya API di Indonesia yang telah meraih sertifikat ISO 27001.

Yudhi Dwi Cahyono
Senior Manager - Digital Center Of Excellence Division