PODCAST

Berkenalan dengan Sabrina, “Robot” Customer Service dari BRI

Teknologi dibalik chatbot BRI yang membuatnya dapat berkomunikasi selayaknya interaksi antar manusia

Aviananda Dwirahma

Aviananda Dwirahma

30 November 2020 • 1 mins reading

Berkenalan dengan Sabrina, “Robot” Customer Service dari BRI

Apakah Anda masih ingat dengan film Wall-E atau Robocop? Film tersebut bercerita tentang adanya robot yang bisa membantu manusia dalam menjalani aktivitasnya. Saat ini, hal tersebut tak hanya terjadi di film fiksi saja, namun telah hadir di dunia nyata. BRI sendiri telah menciptakan “robot” pembantu manusia melalui teknologi chatbot Sabrina sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada nasabahnya.

Berkenalan dengan Sabrina

Tak kenal maka tak sayang, begitu kata pepatah lama yang sampai saat ini selalu melekat di kepala. Lahir di tahun 2018, Sabrina atau Smart BRI New Assistant merupakan sebuah asisten virtual untuk melayani kebutuhan perbankan nasabah BRI di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, jumlah pengguna Sabrina telah mencapai 231.000 user dan masih terus bertambah.

Layaknya customer service, Anda bisa menyapa dan ajak Sabrina berbicara melalui beberapa channel, yaitu Facebook Messenger dan Whatsapp. Sabrina bisa membantu Anda untuk memenuhi berbagai aktivitas perbankan seperti menemukan lokasi kantor cabang dan ATM BRI terdekat, memberikan informasi terkait produk dan promo dari BRI, ataupun menyelesaikan masalah yang sering dihadapi nasabah. Dengan begitu, nasabah bisa mendapatkan layanan perbankan dengan mudah, cepat, akurat, aman, dan nyaman.

Teknologi dibalik Sabrina

Seperti yang telah disebutkan, Sabrina merupakan chatbot yang dapat berkomunikasi dalam format percakapan dan dirancang untuk bisa berinteraksi selayaknya interaksi antar manusia. Fondasi dibalik teknologi chatbot sendiri adalah teknologi Artificial Intelligence (AI), cabang ilmu komputer yang berkaitan dengan pemecahan masalah-masalah selayaknya manusia seperti berbicara, memahami, ataupun berpikir. 

Salah satu bidang dalam AI yang membuat chatbot dapat memproses bahasa alami manusia adalah Natural Language Processing (NLP). Secara sederhana, NLP bekerja dengan cara mengekstrak pesan dari user agar dapat dipahami maksud dan tujuannya, kemudian chatbot Sabrina akan menggunakan hasil ekstraksi tersebut untuk membalas pesan dari user. Yuk berkenalan dengan teknologi Sabrina via Whatsapp disini dan Facebook Messenger disini.

Aviananda Dwirahma
Conversation Designer