Apigee, Amunisi Digitalisasi Perbankan BRI

BRIAPI memungkinkan terjadinya integrasi layanan BRI dengan aplikasi pihak ketiga, Apigee adalah platform yang kami pilih untuk mengembangkan dan mengelolanya.

Muhammad Furqon Haq

December 21, 2020 • 2 mins reading

Untuk mengoptimalkan proses digitalisasi perbankan BRI, kami memanfaatkan berbagai macam platform saat mengembangkan produk-produk digital. Salah satu platform yang memiliki peran besar dalam proses digitalisasi BRI adalah Apigee. 

Dirilis sejak April 2018, Apigee adalah sebuah platform untuk melakukan pengembangan serta mengelola application programming interface (API). Apigee menawarkan berbagai fitur yang dapat memudahkan developer dalam mengelola full lifecycle API management mulai dari tahap design hingga tahap analyze. BRI sendiri telah memanfaatkan Apigee sejak awal diluncurkannya open API dari BRI yaitu BRIAPI. Beberapa alasan kami memilih platform Apigee ini adalah:

  1. Produk rilisan Google yang telah terjamin kredibilitasnya
  2. Komunitas serta tim support yang aktif
  3. Dapat digunakan secara on-premises
  4. Fitur-fitur yang dimiliki Apigee sesuai dengan kebutuhan BRI serta mudah digunakan
  5. Telah lima kali berturut-turut menjadi leader pada Magic Quadrant untuk kategori Full Life Cycle API Management

Kontribusi Apigee dalam proses digitalisasi perbankan BRI 

Apigee menawarkan berbagai fitur yang memudahkan kami dalam mengelola BRIAPI. Berikut ini adalah penjabaran lima fungsi Apigee dalam full lifecycle API management yang kami manfaatkan:

  1. Design

Pada tahap ini, kami akan melihat apakah produk-produk yang dimiliki BRI pada legacy system atau sistem internal kami yang lama, telah sesuai dengan standardisasi produk yang kami tetapkan. Sebagai contoh, jika pada legacy system masih ada produk yang menggunakan SOAP berbasis XML, dengan Apigee kami bisa mengubah hal tersebut menjadi REST API dengan mudah.

  1. Development

Setelah melalui tahap design, tahap selanjutnya adalah development. Di tahap ini, Apigee menawarkan berbagai fitur yang memudahkan proses development dari sebuah API. Sebagai contoh, Apigee telah mendukung berbagai bahasa programming seperti Java, Javascript, ataupun Python. Apigee juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur security yang bisa digunakan secara praktis, sehingga kami hanya perlu menyesuaikan fitur-fitur keamanan yang ada dengan kebutuhan dari BRI. 

  1. Publish

Proses selanjutnya adalah mempublikasikan API yang telah dikembangkan ke publik. Di tahap ini, Apigee telah menyediakan fasilitas content management system (CMS). CMS yang disediakan Apigee ini membantu kami dalam membangun website Developer Portal BRI karena tampilan yang disediakan dapat disesuaikan dengan branding serta proses bisnis BRI. Dengan CMS ini, kami juga dapat mempublikasikan API dalam sekali klik.

Setelah suatu API dipublikasikan, partner dapat langsung melakukan registrasi dan sandboxing di website Developer Portal BRI. Sandboxing sendiri merupakan proses simulasi penggunaan API dengan data dummy.

  1. Analyze

Tahap terakhir dari full API lifecycle management adalah analyze. Apigee telah menyediakan fitur untuk memantau traffic, error rate, serta success rate dari sebuah API. Fitur-fitur ini membantu kami untuk bisa selalu responsif jika suatu waktu terjadi kendala pada API dari BRI.

Platform Apigee telah menjadi “jantung” kami dalam mengelola API dari hulu ke hilir. Berbagai fitur yang disediakan membuat proses manajemen API yang kompleks menjadi lebih sederhana. Penggunaan Apigee sendiri telah membantu memangkas waktu onboarding partner dari enam bulan menjadi satu jam dengan Apigee developer portal, sehingga dapat membantu kami mempercepat proses peningkatan inklusi keuangan di Indonesia melalui perluasan kerjasama dengan berbagai partner.

Muhammad Furqon Haq
API Engineer